Senin, 26 Maret 2012

Ibadah tanpa Ilmu akan Binasa

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillah wa syukurillah, Allah masih memberikan kita nikmat panjang umur,
taufiqnya kita masih beriman, Asal ibadah itu taufiq dari Allah Subhanallahu Wa ta'alah, Nikmat Allah Subhanallahu Wa ta'ala wajib kita syukuri.

Tausiah ini, saat syeikh mengisi selepas shalat Subuh di Salah satu Masjid di mataram
tanggal 3 Juni 2011
Allah Subhanallahu Wata'alah menolong kita dan memberikan taufiq kepada kita untuk bisa bergerak datang sholat jama'ah dimasjid, berapa banyak umat islam yang meninggalkan sholat. ada sebagian ulamah mengatakan barang siapa meninggalkan sholat dengan sengaja berarti dia telah berbuat kufur, didalam hal ini tidak membahas masalah khilafiah, yang jelas adalah pentingnya sholat didalam islam.
Taufiq dari Allah diberikan oleh kita kemudahan untuk dapat sholat berjamaah, berapa orang yang mungkin lebih dekat dari kita (lokasi rumahnya lebih dekat dari mesjid), tapi tidak dapat taufiq dari Allah untuk dapat sholat dimasjid. Sifat-sifat orang mukmin klo dia ketinggalan sesuatu ibadah dia langsung bergetar hatinya takut, kenapa saya bisa ketiduran dari sholat, dosa apa yang telah saya lakukan, sebagaimana yang telah dikatakan hasanul basri rahimallah, Ada seorang bertanya wahai imam saya agak susah sholat malam, dulu rajin sholat malam (ini yang ditanyakan bukan sholat fardhu tetapi sholat malam) tetapi kenapa sekarang saya agak susah untuk bangun malam melaksanakan sholat malam, jawaban hasanul basri rahimallah yang mengikatkanmu tidak sholat malam, itu adalah dosamu, coba liat dosa apa yang kamu lakukan sampai kamu sulit untuk sholat malam. tapi terkadang saat ini bukan hanya yang sunah saja yg ditinggalkan, bahkan yang wajib saja sudah banyak yang meninggalkannya. syeh pernah berjumpa dengan sesorang sudah cukup tua, begithu adzan magrib syeh mengajak, ayo kita kemasjid, dia bilang maaf saya cuman sholat 3 waktu( sholat jum'at, idul fitri dan idul adha), coba kita bayangkan sudah tua, umur sudah lanjut, tapi hanya melaksanakan sholat 3 waktu, menghitungkan lagi, seolah-olah dia menghitungkan sama Allah Subhanallahu Wata'alah, bahwa dia sudah baik dengan melaksanakan sholat 3 waktu, subhanallah.

Allah Subhanallahu wata'alah memberikan taufiq kemudahan pada kita untuk bisa beribadah, kita tidak bisa melewati satu haripun tanpa membaca Al quran. Ayat pertama yang dibacakan oleh nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam adalah
QS. 96:1 iqro' bis mirobbikal ladzii kholaqo.
terdapat pelajaran untuk umatnya nabi muhammad shallallahu alaihi wassalam, untuk baca alquran, tidak boleh sebagai umat islam yang mengenal Allah dan rasulnya, mencintai Allah dan Rasulnya, tidak boleh menjadi bodoh, sekarang bukan hanya bodoh baca tetapi juga bodoh agama, banyak tidak mengertinya.

Sebagai contoh banyak yang saat ini mencampur adukkan aqidahnya, bahkan terkadang ketika wudhupun masih belum benar, itu semua kita harus pelajari, karena ibadah tidak bisa benar dan tidak akan diterima jika niatnya tidak jelas, sebagai mana dijelaskan didalam hadist yang shohih Allah tidak akan menerima sholat seorang muslim jika wudhunya tidak benar. dan terkadang banyak yang menjalankan sunah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam, tidak mengetahui ilmunya, karena ibadah tanpa ilmu akan binasa... misal sebagai contoh, ketika didalam sholat berjamaah, makmum mengucap amin di belakang imam, ini sebuah sunah tapi kebanyakan makmum tidak mengetahui ilmu dari sunnah tersebut, ini sebuah sunnah yang diangkap atau sudah rata2 menjadi mahjuroh (ketinggalan). padahal jelas dihadist yang shohih yang diriwayatkan oleh imam muslim "Klo imam ucapkan amin baru makmum mengikuti ucapkan amin" dan lanjutan hadist tersebut "barang siapa yang ketemukan aminnya dengan amin malaikat terhapus dosanya". maksudnya, ketika seorang makmum mengucapkan amin bersamaan dengan aminnya malaikat maka terhapuslah dosanya yang lalu(yang dimaksud adalah dosa2 kecil). saat ini banyak umat islam kurang bersatu, terkadang hanya masalah qunut saat sholat shubuh saja timbul perpecahan yang mengakibatkan perkelahian, Masya Allah.

Masalah akidah saja sudah banyak menyimpang, banyak mencampur adukan aqidah, dengan mempercayai sesuatu yang menimbulkan suatu ke syirikan, seperti percaya kepada hantu dan makhluk Halus, banyak yang meminta pertolongan kepada makhluk2 Allah yang lain, Masya Allah, dan banyak sekali yang mempecayai sesuatu rituan, yang padahal Rasulullah sendiri tidak mengajarkannya....

Penting untuk kita menuntut ilmu, jangan pernah merasa puas akan ilmu yang kita miliki, dan jangan menganggap kita paling benar, selalu rendah hati dan selalu belajar selama hayat masih di kandung bada agar sesuatu yang kita lakukan tidak bersumper kepada hanya mengikuti orang lain tanpa dasar Al quran dan Assunah, karena ibadah tanpa ilmu akan binasa....

Sebagaimana Firman Allah Subhanallahu Wata'ala
QS. 17 :36
Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggung jawabannya.

Wassalam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar